Weekly GBPUSD 16-20 Juli 2018

Weekly GBPUSD 16-20 Juli 2018

Oleh: Abdul Hadi Date: 16 Jul 2018

GBP/USD turun karena rencana Brexit pemerintah Inggris menghadapi pertentangan dan juga Dolar AS yang menguat. Perang dagang AS dan China, Angka inflasi, pekerjaan, dan penjualan ritel Inggris juga akan menjadi faktor penggerak harga minggu ini.Berikut data-data yang akan mempengaruhi pergerakan AUD/USD untuk minggu ini :


16 Juli :

Tidak ada data yang pengaruhnya signifkan dari Inggris, sedangkan pada sesi Amerika akan ada rilis data Core Retail Sales, Retail Sales m/m dan Empire State Manufacturing Index pada pukul 19:30 WIB. 

17 Juli : 

Inggris akan merilis data tentang sektor pekerjaannya diataranya adalah  Average Earnings Index 3m/y, Claimant Count Change, dan Unemployment Rate, pada pukul 15:30 dimana setengah jam sebelumnya akan ada Pidato Gubernur BoE, Mark Carney pada pukul 15:00 WIB. Tidak kalah penting dari Amerika juga akan ada kesaksian Jerome Powell mengenai laporan kebijakan moneter the Fed pada pukul 09:00 WIB. Kedua pidato itu akan menjadi fokus utama untuk penggerak harga GBP/USD, disamping itu ada AS juga akan merilis data Capacity Utilization Rate dan Industrial Production AS pada pukul 20:15.

18 Juli :

Inggris akan merilis data CPI y/y, PPI Input m/m, RPI y/y. Dari Amerika, Powell kembali akan memberikan kesaksiannya pada hari kedua pada waktu yang sama yaitu pukul 21:00 WIB, dan sektor perumahan AS, yaitu Building permits dan Housing Starts pada pukul 19:30 WIB akan menjadi faktor penggerak harga pair ini pada hari ini.

19 Juli :

Tidak ada data yang dirilis dari negeri Britania Raya. Dari sesi Amerika akan rilis data Phily Fed Manufacturing Index, dan Unemployment Claims pada pukul 19:30 WIB. 

20 Juli :

Inggris akan merilis data Public Sector Net Borrowing, tetapi fokus pelaku pasar akan tertuju pada dua pertemuan penting, yaitu OPEC-JMMC Meetings dan G20 Meetings. tentunya ini yang kemungkinan besar memberi dampak pada pasangan mata uang ini.