Trump : Pertemuan Dengan Korut Kemungkinan Besar Batal

Trump : Pertemuan Dengan Korut Kemungkinan Besar Batal

Oleh: OIMS Date: 23 May 2018

Pada hari Selasa (23/05/2018) kemarin Trump mengatakan bahwa pertemuannya dengan pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un, tidak akan berlangsung seperti yang direncanakan pada 12 Juni. Hal ini disebabkan orang nomor satu di Amerika itu khawatir bahwa Kim tidak mau melucutkan senjata Nuklirnya.

Trump juga ragu akan berlangsungnya KTT Singapura, dimana dia direncakan bicara dengan Presiden Korea Selatan (Korsel), Moon Jae-in, yang dimana sebelumnya Presiden Korsel tersebut telah datang ke Washington, untuk mendesak Trump agar tidak membiarkan kesempatan langka negosiasi dengan Korea Utara menjadi tertutup.

Jika KTT dibatalkan atau gagal, itu akan menjadi pukulan besar bagi apa yang diharapkan pendukung Trump, karena pertemuan dengan pemimpin Korut itu akan menjadi pencapaian diplomatik terbesar dari kepresidenannya, .

“Ada peluang yang sangat besar ... itu tidak akan berhasil. Dan itu oke, ”kata Trump kepada wartawan. “ tidak berarti itu tidak akan berhasil dalam jangka waktu tertentu. Tapi mungkin tidak berhasil pada 12 Juni. Tapi ada peluang bagus bahwa kita akan mengadakan pertemuan. ”

"Korea Utara memiliki kesempatan untuk menjadi negara yang hebat dan saya pikir mereka harus memanfaatkan peluang itu," katanya.