Menanti Pertemuan FOMC, Dolar Mengalami Sedikit Kenaikan

Menanti Pertemuan FOMC, Dolar Mengalami Sedikit Kenaikan

Oleh: OIMS Date: 23 May 2018

Pada hari Rabu (23/05/2018) Dolar mengalami sedikit kenaikan terhadap mata uang lainnya, terkait investor menunggu  pertemuan kebijakan terakhir Federal Reserve untuk petunjuk tentang langkah pengetatan moneter AS lebih lanjut.

Indeks dolar terhadap enam mata uang utama lainnya naik 0,1 persen menjadi 93,670.DXY. Indeks dolar telah mengalami penurunan sejak mencapai level tertinggi lima bulan di 94,058 pada hari Senin (21/05/2018).

Kenaikan ke level tertinggi hari Senin kemarin menandai kenaikan lebih dari 5 persen dari pertengahan April, yang didorong oleh data ekonomi AS yang umumnya optimis dan ekspektasi the Fed akan menaikkan suku bunga setidaknya dua kali lagi tahun ini.

Dalam pertemuan kebijakan the Fed yang diadakan pada awal Mei, Bank Sentral AS itu juga mengatakan inflasi telah "bergerak dekat" ke targetnya dan bahwa "pada basis 12 bulan diperkirakan akan berjalan di dekat tujuan simetris Komite 2 persen dalam jangka menengah."

Dolar kemungkinan akan tetap dalam pola holding menjelang pertemuan The Fed, dengan fokus pada rincian lebih lanjut terkait dengan prospek inflasi, kata Heng Koon How, kepala strategi pasar untuk UOB di Singapura.

“Kami berharap memiliki sedikit kejelasan tentang prospek inflasi dari the Fed. Dimensi kedua pada dasarnya adalah seberapa toleran the Fed (pembuat kebijakan) dari kemungkinan overshoot inflasi di atas dua persen, ”kata Heng.

USD/JPY turun 0,4 persen menjadi 110,48, menjauh dari level tertinggi empat bulan di 111,395, yang dicapai pada hari Senin.

EUR/USD turun 0,1 persen menjadi $ 1,1762, tetapi masih tetap di atas level terendah enam bulan di $ 1,1717 pada hari Senin.

Di pasar negara berkembang, aksi jual di Turki lira TRYTOM = D3 diperdalam setelah lembaga pemeringkat membunyikan alarm pada hari Selasa tentang rencana oleh Presiden Tayyip Erdogan untuk memperketat cengkeramannya pada kebijakan moneter.