Ini Dampak Pidato Jerome Powell Pada Market

Ini Dampak Pidato Jerome Powell Pada Market

Oleh: Abdul Hadi Date: 18 Jul 2018

Dolar Amerika menguat terhadap enam mata uang utama lainnya, bahkan mata uang negeri Paman Sam itu mencapai level tertinggi enam bulan terhadap yen, setelah Ketua Federal Reserve (The Fed), Jerome Powell memberi pandangan optimis untuk ekonomi AS dan memperkuat pandangan bahwa The Fed berada di jalur untuk kembali menaikkan suku bunga.

Jerome Powell, dalam kesaksiannya di depan kongres senat pada Selasa waktu setempat mengatakan bahwa dia melihat Amerika Serikat dalam kondisi yang stabil, walaupun sebagian besar orang meragukan, terkait perang dagang yang makin memanas. 

Setelah kabar tersebut dirilis market bereaksi cukup cepat. Dolar menguat terhadap Yen, dan berada di level 112.97, dan sempat mencapai level 113.08, level tertinggi sejak 9 Januari. 

Euro mengalami penurunan sebesar 0,05% dan berada di level 1.1655. Poundsterling mengalami penurunan dan berada di level 1.3110, namun lebih baik dibandingkan pada hari sebelumnya yang tergelincir hingga 1%. Selain faktor Dolar AS yang menguat sterling juga telah mendapat banyak tekanan dari politik Inggris.

Mata uang Britania Raya itu semalam jatuh ke level terendah tiga minggu di 1,3068, karena investor mengharapkan lebih banyak tantangan Brexit setelah pemerintah Theresa May hanya memenangkan suara parlemen terkait negosiasi perdagangan  dengan Uni Eropa pasca-Brexit.