Ini Yang Dimaksud "Perang Tarif" Amerika, dan Dampak Globalnya

Oleh: Abdul Hadi Date: 09 Mar 2018

Presiden Donald Trump minggu lalu kembali membuat sensasi terhadap perekonomian dunia. Kali ini dia menggaungkan perang tarif, Bukan perang tarif ojek online, walaupun presiden yang satu ini nyeleneh tapi rasanya tidak mungkin dia mengurusi ojek online hehehe... Ok, balik lagi ke topik yang sebenarnya. Donald Trump dengan tingkat arogansinya yang level akut menetapkan tarif impor baja dan alumunium yang kini dikenal dengan “Trade War”, dan tiba-tiba efeknya berdampak besar bahkan kebijakannya ini telah memakan tumbal. Apa sih itu yang terjadi pada perang tarif,  kenapa efeknya cukup signifikan terhadap pasar, mari kita mengupasnya lebih dalam


Apa yang terjadi dengan perang tarif?

Tarif adalah biaya impor, yang pada dasarnya merupakan pajak. Jika satu ton baja berharga $100, jika sesuai yang telah ditetapkan pada Jum'at (09/03/2018) lalu tarifnya 25 persen, penjual diharuskan membayar $ 25 kepada pemerintah AS. Itu berarti penjual harus memilih antara menjual bajanya seharga $ 75, atau menaikkan harga menjadi $ 125 sampai jumlah yang sama, atau melakukan sesuatu di antaranya. Praktis, penjual akan menaikkan harga. 

Mengapa perang ini begitu penting?

Permasalahannya ini merupakan kabar buruk bagi perusahaan-perusahaan yang menggunakan baja atau aluminium, seperti produsen mobil, pembangun properti, industri energi, atau ekonomi lainnya yang paling banyak menggunakan material tersebut.

Bukan hanya itu saja, keputusan Trump juga menimbulkan efek domino. Jika perusahaan itu menaikkan harga, akan menyebabkan inflasi naik lebih tinggi, atau mereka bisa menghabiskan biaya lebih tinggi dan menghasilkan lebih sedikit uang. Dan tak cukup sampai disitu, kabar ini juga buruk bagi pasar saham Baik inflasi yang lebih tinggi dan keuntungan yang lebih rendah membuat saham kurang berharga, oleh karena itu menimbulkan reaksi pasar di seluruh dunia.


Bagaimana tanggapan negara-negara lain?

Ini bisa bertambah buruk, karena cepat atau lambat negara-negara lain merespons “Trade War” ini. Jika negara-negara yang tersakiti oleh perang tarif ini mengambil langkah hukum, melalui badan multilateral seperti World Trade Organization, yang akan menghasilkan negosiasi itu akan lebih baik. Tetapi skenario terburuknya, mereka akan mulai melakukan pembalasan dengan menerapkan tarif  mereka sendiri, yang ditargetkan untuk menimbulkan rasa sakit maksimal pada ekonomi AS, dimana tujuan akhirnya memaksa AS menghapus tarif. Begitulah “Trade War” dimulai, jadi penting untuk melihat respons tersebut.

Kumpulan efek selanjutnya akan bersifat geopolitik. Kanada berada di urutan teratas dalam daftar negara penyuplai baja dan alumunium AS. Pastinya membuat marah dan merusak tetangga terdekat AS- dimana pada  saat bersamaan AS tengah mencoba menegosiasikan kembali NAFTA - kerusakan hubungan diplomatis yang mungkin terjadi akan meningkat.

Apa konsekuensi terhadap ekonomi global dan indeks dolar?

Efek dari tarif, kemudian juga akan menyebabkan kerusakan ekonomi, inflasi yang lebih tinggi, dan ketidakpastian geopolitik yang lebih besar. Di sisi korporasi, akan lebih rendah keuntungan bagi sebagian besar perusahaan. Di sisi konsumen, akan ada harga yang lebih tinggi untuk banyak barang dan, kemungkinan, kehilangan pekerjaan di industri ekspor. 


Indeks dollar langsung merasakan dampak dari kebijakan Trump, selama dua hari mengalami penurunan hingga ke level 89.41, sebelum akhirnya tertopang oleh data ekonomi AS yang dirilis naik signifikan. 




Efek penurunan itu juga ditambah dengan berita pengunduran diri Gary Cohn, salah satu  
penasihat ekonomi utama Presiden Amerika Serikat, Donald Trump dan perwakilan suara untuk Wall Street di Gedung Putih semakin menambah derita indeks dollar Amerika.

Solusi agar trading forex Anda terhindar dari perang tarif AS?

Polemik perang tarif ini masih akan terus berlanjut. Isu ini layak disimak dengan cermat. karena akan memberikan efek domino terhadap perekonomian AS dan otomatis secara global. Persiapkan strategi trading Anda dengan baik, dan solusi terbaik untuk terhindar dari perang adalah CODEX yang tidak terpengaruh berita fundamental.